Minggu, 20 September 2015

Pemrograman Berbasis Objek menggunakan Aplikasi Eclipse

Pemrograman Berbasis Objek atau Object Oriented Programming  atau yang biasa disingkat dengan OOP merupakan salah satu metode pemrograman yang berorientasikan pada objek.Semua data dan fungsi di dalamnya terbungkus dalam kelas-kelas atau objek. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data dan mengirim pesan kepada objek yang lain.
Pada pemrograman berbasis objek ini yang pertama diperhatikan adalah objek, bukan urutan pengerjaan. Dalam konsepnya, dalam pemrograman ini yang pertama dilakukan adalah membuat sauatu class yang menyatakan attribut, isi atribut, dan method. Lalu membuat objek.
Dalam pemrograman ini terdapat istilah dasar yang harus dipahami yaitu class, objek, dan attribut
1. Class adalah penggambaran dari sebuah objek atau benda.  misalnya adalah kelas dari sepatu berarti bahwa tersebut terdiri dari berbegai jenis sepatu.
2. Object 
   Merupakan suatu bentuk dari class yang mempunyai atribut yang berbeda.
3. Attribut
   adalah data dalam sistem yang dapat dimanipulasi dengan operasi ataumethod.
4. Method      Method dapat memaniplasi attribut dalam sebuah kelas.

Salah satu pemrograman pendukung OOP adalah bahasa pemrograman Java. Berikut adalah  pembuatan program sederhana menggunakan aplikasi eclipse :

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat kelas. 

    public class sepatu 
    {
    String nama;
    int ukuran;
    String warna;
    String bahan;      


  • Membuat Objek berdasarkan kelas

    void infosepatu(){
            System.out.println("Nama sepatu : "+ nama);
            System.out.println("ukuran sepatu : "+ ukuran);
            System.out.println("warna sepatu : "+ warna);
            System.out.println("bahan sepatu : "+ bahan);
           
             }
           }
  • Menggunakan Objek yang sudah dibuat

    public class sepatuu {
        public static void main(String[] args){
           
            sepatu punyaku = new sepatu();
          

    => Memasukkan nilai dalam objek

            punyaku.nama = "baru";
            punyaku.ukuran = 36;
            punyaku.warna = "hitam";
            punyaku.bahan = "kulit";
           
            punyaku.infosepatu();
        }
    }
  • Langkah terakhir adalah dispose of the object berkaitan dengan memori namun hak ini jarang digunakan.

    Setelah membuat sintaks seperti di atas, lalu save dan run. Berikut adalah hasil dari sintaks yang dibuat :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar